PNBP Melesat, Pelabuhan Jadi Tulang Punggung Ekonomi Laut Indonesia

Harnas.id, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa Badan Usaha Pelabuhan (BUP) berperan vital dalam peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Salah satu kontribusi terbesar dalam sektor ini berasal dari layanan Ship to Ship (STS) di Kalimantan Timur.

Budi Karya menjelaskan bahwa konsesi pelabuhan menjadi strategi kunci untuk memaksimalkan penerimaan negara. Ia menyebut PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB) sebagai contoh sukses, dengan pendapatan tahunan mencapai Rp400 hingga Rp500 miliar.

Ship to Ship di Kalimantan Timur yang dikelola oleh PTB telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi penerimaan negara,” ungkapnya saat penyerahan Surat Keputusan (SK) Konsesi di Gedung Karya, Senin (13/10/2024).

Selain Kalimantan Timur, Pelabuhan Tanjung Priok juga tercatat sebagai salah satu kontributor PNBP terbesar, berkat tingginya frekuensi kunjungan kapal. Optimalisasi konsesi tidak hanya menambah penerimaan negara, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional demi mendukung perekonomian nasional.

“Pendapatan PTB yang mencapai ratusan miliar per tahun adalah bukti pentingnya konsesi yang dikelola dengan baik. Ini menjadi upaya kami untuk memaksimalkan potensi sektor pelabuhan,” tambahnya.

Melalui kebijakan konsesi ini, Kementerian Perhubungan berharap tata kelola pelabuhan semakin profesional. Selain meningkatkan penerimaan negara, konsesi diharapkan bisa menekan biaya logistik dan memperkuat daya saing nasional.

Penulis: Edwin/Ifan