Permudah Petani, Petrokimia Tambah 11 Mobil Uji Tanah

Mobil Uji Tanah | Antara

HARNAS.ID – Petrokimia Gresik menambah 11 layanan mobil uji tanah (semula empat) yang telah beroperasi sejak 2015 di sejumlah daerah. Pengembangan ini guna mempermudah petani dalam mengecek kandungan tanah sehingga mendorong produktivitas pertanian nasional.

“Banyak petani yang masih kesulitan mengecek kandungan tanahnya karena tidak memiliki alat penguji, sehingga kami menambah 11 unit mobil uji tanah agar jangkauannya lebih luas lagi,” kata Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi dalam keterangan pers, Sabtu (15/8/2020).

Ke-15 mobil uji tanah ini ditempatkan di 15 daerah dari delapan provinsi, yaitu Madiun, Jember, Gresik (Jatim), Purwokerto, Magelang, Semarang (Jateng), Indramayu dan Bandung Barat (Jawa Barat). Selain itu Lombok dan Sumbawa (NTB), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Bandar Lampung (Lampung), Makassar (Sulawesi Selatan), serta Tanah Karo (Sumatera Utara).

“Mobil ini memang dialokasikan untuk 15 daerah tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan juga melayani daerah di sekitarnya,” ujarnya.

Layanan mobil uji tanah berfungsi menguji tingkat kesuburan tanah dan memberikan konsultasi pertanian secara gratis. Petani, kata dia, cukup membawa sampel tanah dari lahan pertaniannya, kemudian dalam waktu singkat dapat mengetahui kandungan tanah sekaligus mendapatkan rekomendasi pemupukan yang tepat.

Selama ini, petani merasa kesulitan dalam memilih jenis pupuk maupun dosis yang akan digunakan. Dengan hadirnya layanan ini akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Petrokimia Gresik juga akan mengedukasi petani untuk menerapkan pola pemupukan berimbang demi terwujudnya pertanian yang berkelanjutan.

“Dengan dosis pemupukan yang tepat dan berimbang, penggunaan pupuk oleh petani akan lebih efisien dan produktivitasnya pun semakin optimal. Ke depan, kesejahteraan petani dapat terdongkrak,” tuturnya. Rahmad pun berharap hadirnya mobil uji tanah dapat mendukung program ketahanan pangan nasional.

Editor: Ridwan Maulana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini