Harga Rumah Seken di Bogor Naik 8,5 Persen, Nilai Tertinggi se-Jabodetabek

Ilustrasi (Foto : Net)

Harnas.id, Bogor – Dalam laporan Rumah123 edisi Agustus 2024 menunjukkan kenaikan harga tahunan rumah seken di 13 kota besar Indonesia sebesar 2 persen pada Juli 2024 bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

Sebanyak 11 dari 13 kota dalam Indeks Harga Rumah Seken mengalami kenaikan harga bulanan, dengan Surakarta atau Solo memimpin kenaikan tertinggi sebesar 6,3 persen. Sedangkan secara tahunan, kenaikan harga rumah seken masih dipegang Denpasar.

Denpasar menjadi kota yang mengalami kenaikan harga tahunan tertinggi, sebesar 19,8 persen diikuti Bogor sebesar 8,5 persen dan Surakarta 6,2 persen. Di kawasan Jabodetabek, kota lain yang mencatat kenaikan kecil adalah Depok sebesar 1,9 persen dan Tangerang 1,6 persen.

Sementara di Pulau Jawa, selain Surakarta, tiga kota juga mengalami kenaikan harga tahunan, seperti Semarang dengan kenaikan 4,6 persen, Yogyakarta 3,8 persen, Surabaya 0,6 persen dan Bandung 0,5 persen.

Di luar Pulau Jawa, kenaikan harga tahunan tak hanya dialami Denpasar, Medan turut mencatat kenaikan tipis sebesar 0,6 persen.

Dari segi selisih antara pertumbuhan harga dengan pergerakan inflasi tahunan, terdapat lima kota memperoleh selisih tertinggi, yaitu Bogor 6,1 persen, Semarang 2,8 persen, Yogyakarta 1,6 persen, Surakarta 4,3 persen, dan Denpasar 16,1 persen.

Head of Research Rumah123, Marisa Jaya menjelaskan pada periode Juni lalu selisih pertumbuhan harga di atas laju inflasi tahunan hanya dialami tiga kota, sedangkan per Juli telah mencapai lima kota.

“Ini mengindikasikan pertumbuhan Indeks Harga Rumah Seken secara tahunan yang cukup signifikan dibandingkan periode Januari hingga April lalu,” kata dia dalam laporan dikutip Senin, 2 Agustus 2024.

Hal ini akan semakin berdampak positif pada kepemilikan atau investasi properti mengingat nilai properti yang meningkat lebih cepat daripada laju inflasi, sehingga akan memberikan potensi pertumbuhan nilai keuntungan yang lebih tinggi.

 

Penulis : Chaerudin Ibenk