Prabowo Subianto Beri Sinyal Kabinet Baru: Beberapa Menteri Jokowi Akan Tetap di Posisi

Harnas.id, Jakarta – Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan gambaran tentang susunan kabinet pemerintahannya untuk lima tahun ke depan. Dalam pidatonya pada acara BNI Investor Daily Summit 2024, Prabowo mengindikasikan bahwa beberapa menteri dari kabinet Presiden Joko Widodo akan tetap menjabat di bawah pemerintahan barunya.

Prabowo menyebut bahwa dirinya melihat banyak menteri saat ini yang memiliki kualitas baik dan layak dipertahankan dalam kabinet mendatang.

“Bahkan dalam saya menyusun kabinet, kok saya melihat banyak juga, ya, menteri-menteri yang akan datang yang berada di kabinet sekarang,” ungkap Prabowo dalam pidatonya yang dikutip pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Meski begitu, Prabowo tidak merinci siapa saja nama-nama menteri dari kabinet Jokowi yang akan tetap dipertahankan. Dia menganalogikan proses penyusunan kabinetnya dengan cara pelatih sepakbola yang memilih pemain terbaik untuk tim, berdasarkan kualitas tanpa mempertimbangkan latar belakang.

“Kami tidak memikirkan orang tuanya siapa, agamanya apa, sukunya apa, rasnya apa. Mampu enggak dia berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat,” tegasnya.

Prabowo juga memuji pendekatan Jokowi dalam memilih menteri di kabinet sebelumnya, yang menurutnya sudah berusaha memilih orang-orang terbaik. Dengan landasan tersebut, ia menyatakan dirinya akan melakukan hal yang serupa dalam pemerintahannya nanti.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa pengumuman resmi mengenai susunan kabinet Prabowo-Gibran akan disampaikan pada 20 Oktober 2024, bersamaan dengan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Nama kabinet akan disampaikan oleh Pak Prabowo sendiri pada saat pengumuman nama-nama kabinet pada tanggal 20 nanti,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menambahkan bahwa Prabowo telah mulai memanggil beberapa kandidat menteri untuk membahas posisi mereka dalam kabinet baru. Dia juga mengonfirmasi bahwa beberapa menteri dari pemerintahan Jokowi yang dinilai berprestasi akan dipertahankan dalam kabinet Prabowo-Gibran.

“Nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit (akan) dipakai,” kata Muzani.

Dengan sinyal ini, publik kini menantikan susunan lengkap kabinet yang akan diumumkan dalam waktu dekat, termasuk apakah beberapa wajah lama dari kabinet Jokowi akan kembali berperan dalam pemerintahan baru Prabowo-Gibran.

Chaerudin