BERITA TERKINI Ratusan Crosser Adu Nyali di Kejuaraan Grasstrack Piala Gubernur Jabar 2022

Ratusan Crosser Adu Nyali di Kejuaraan Grasstrack Piala Gubernur Jabar 2022

Ratusan Crosser
Crosser yang merupakan pembalap pencakar tanah atau Grasstrack unjuk kebolehan di ajang kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat (Jabar) 2022 di Lintasan Motor Cross, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada 29-30 Oktober 2022. Foto : Istimewa.

BOGOR, Harnas.idRatusan Crosser yang merupakan pembalap pencakar tanah atau Grasstrack unjuk kebolehan di ajang kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat (Jabar) 2022 di Lintasan Motor Cross, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada 29-30 Oktober 2022.

Sekitar 350 Crosser yang datang dari Pulau Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jakarta itu memperebutkan 8 kategori Juara Umum dari 20 kelas yang disediakan pihak penyelenggara Kejuaraan Nasional tersebut.

Ketua DPD KNPI Jabar, Ridwansyah Yusuf Achmad mengaku, melalui event Piala Gubernur Jabar yang berkolaborasi dengan DPD KNPI Kabupaten Bogor dan Event Organizer Nibraska itu, sebagai satu upaya membentuk karakter dan semangat pemuda yang terpumpun dalam kecintaan terhadap suatu olahraga, salah satunya motor cross.

“Ini juga bagian rangkaian dari peringatan hari jadi Jawa Barat ke 77 sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 94. Sebagai pemuda Jawa barat yang terhimpun dalam organisasi KNPI, kami menyambut semangat pemuda yang akan berkreatifitas kembali pasca pandemi Covid-19,” ungkapnya kepada wartawan dilokasi acara pada Minggu, 30 Oktober 2022.

Selain itu, sambung dia, atas terselenggaranya event itu juga diharapkan dapat memberi wadah bagi para pemuda untuk menyalurkan minat mereka dan sebagai bukti nyata pihaknya yang ingin berkontribusi dalam dunia olahraga.

“Insha Allah kita gelar lagi tahun depan melihat animo yang sangat tinggi dari peserta. Pada intinya, untuk memperingati Sumpah Pemuda, kita bersuka cita, sprotivitas dengan diisi kegiatan seperti ini,”  imbuhnya.

Pihaknya berambisi ajang itu mampu memunculkan bibit unggul dari Indonesia dalam dunia balap motor cross, hingga dapat berkiprah di level nasional maupun internasional.

Dengan semakin banyaknya kegiatan semacam itu juga diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitar arena balap.

“Disini kita bisa lihat banyak yang berjualan, jadi banyak pembelinya. Terlebih banyak penonton yang hadir karena memang tidak kami pungut biaya untuk menonton,” bebernya.

Salah satu peserta, Ade Ruhandi selaku pemilik JA Racing Team, sangat mengapresiasi ajang kejuaraan yang di galakkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut salah satu bukti keseriusan pemerintah untuk mendongkrak pemulihan ekonomi di Indonesia.

“Banyak bibit-bibit unggul di Kabupaten Bogor dalam bidang balap motor. Maka kami mengapresiasi event ini, untuk menjadi wadah pebalap muda sekaligus pemulihan ekonomi,” sebut salah satu tokoh di Kabupaten Bogor tersebut.

Sementara itu, Ketua Bidang Olahraga IMI Jabar, Freddy Rostiawan menambahkan, pihaknya akan terus mendorong kegiatan serupa agar terus dirutinkan dan berharap sinergitas antara KNPI, IMI dan Pemerintah Provinsi Jabar terus terjalin.

“Kami terus mendorong event berkualitas di Jawa Barat. Kami juga terus berupaya menggelar event seperti ini makin banyak di Jawa Barat dan sebagai apresiasi Tokoh Bogor untuk Ridwal Kamil, Piala gubernur akan di gelar lagi taun depan,” tandasnya.

Diketahui kegiatan Kejuaraan Grasstrack Piala Gubernur Jabar 2022 itu juga menyematkan kegiatan sosial diantaranya, donor darah, sunatan masal dan Pesta Rakyat Jawa Barat yang diisi oleh para pelaku UMKM Lokal.

(A.Muhammad Tsabit)