Pemerintah Ajak Swasta Kembangkan Produk Kreatif Lokal

Menparekraf Wishnutama Kusuband | kemenparekraf.go.id

HARNAS.ID – Pandemi COVID-19 berdampak signifikan terhadap perekonomian. Guna mendukung pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif, pemerintah pusat mengajak sektor swasta turut terlibat dalam mengembangkan produk lokal.

“Kita perlu menggalakkan kemandirian sebagai sebuah bangsa, sehingga bisa menggerakkan kembali roda ekonomi yang terganggu akibat pandemi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, Jumat (28/8/2020).

Bahkan, tutur Wishnutama, masyarakat bisa membajak pandemi ini, sekaligus membuat kemajuan atau lompatan agar Indonesia jauh lebih baik. Pernyataan ini, sesuai seruan Presiden Joko Widodo. Wishnutama menyambut baik penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2020.

Dia juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kemenparekraf dengan Adira Finance dalam penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2020. Wishnutama berharap Festival Kreatif Lokal tak sekadar program CSR, tetapi bisa mendorong para pelaku melakukan inovasi dan kreativitas.

“Dengan begitu mampu meningkatkan taraf hidup serta memberdayakan para pelaku kreatif dan memajukkan perekonomian kembali,” ujarnya.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya, pemerintah sebelumnya telah menggulirkan program Bangga Buatan Indonesia. Itu, sebuah gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM Indonesia.

Sebagai turunan dari gerakan nasional tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf kemudian menjalankan program #BeliKreatifLokal yang memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UKM ekraf agar dapat masuk ke platform digital.

“Dengan berbagai pendampingan Kemenparekraf/Baparekraf kepada para pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif melalui program #BeliKreatifLokal, average penjualan meningkat sekitar 24 persen dari sebelum mereka onboarding. Ini hasil yang menggembirakan,” tutur Nia.

Dia mengapresiasi penyelenggaraan Adira Finance Festival Kreatif Lokal yang mendorong lebih banyak lagi UMKM ekraf yang mendapatkan pendampingan dan dukungan. Nia berharap lewat kerja sama ini dapat meningkatkan brand Wonderful Indonesia agar semakin dikenal.

Festival Kreatif Lokal 2020 merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertema “Bangkit Bersama Sahabat”. Acara ini mulai Agustus 2020-Januari 2021. Ini bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari enam kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka.

Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite bit.ly/festivalkreatiflokal. Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award pada November 2020 bertepatan dengan HUT Ke-30 Adira Finance.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyambut baik apresiasi positif dari masyarakat terhadap acara yang digagas jajarannya. Dia mentargetkan acara ini semakin besar dan berkelanjutan ke depannya agar memberikan dampak yang lebih luas pada masyarakat.

Editor: Ridwan Maulana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini