Prabowo Panggil Puluhan Calon Menteri, Tekankan Kerja Sama Tim dalam Kabinet 

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengumpulkan puluhan calon menteri kabinet 2024-2029 di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10). Foto Ist
Presiden terpilih Prabowo Subianto mengumpulkan puluhan calon menteri kabinet 2024-2029 di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10). Foto Ist

Harnas.id, Jakarta – Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil puluhan calon menteri untuk bergabung dalam kabinetnya selama lima tahun ke depan. Pemanggilan ini berlangsung di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin, 14 Oktober, dari siang hingga malam.

Para calon menteri yang dipanggil memiliki latar belakang yang beragam, yang diharapkan akan membawa kontribusi yang bermanfaat dalam pemerintahan mendatang.

Prabowo juga menyebutkan bahwa para calon menteri yang telah dipanggil menyatakan kesanggupan untuk mengemban tugas yang akan diberikan kepada mereka.

“Mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Jadi sebetulnya hari ini hanya mengkonfirmasi, saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka,” kata Prabowo usai pemanggilan calon menteri hari pertama.

“Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup,” sambungnya.

Prabowo Subianto juga menekankan pentingnya kerja sama tim dalam kabinet yang akan dibentuknya. Dalam pertemuan dengan para calon menteri yang dipanggil, Prabowo memberikan arahan bahwa semangat kerja kolektif harus diutamakan.

Menurutnya, para menteri nantinya tidak boleh bekerja secara individu, melainkan harus saling mendukung dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan pemerintahannya.

“Saya memberi beberapa penekanan, kira-kira ya arah kebijakan kita, secara garis besar saya puas ya dan suasana sangat baik, semuanya mengerti bahwa kita harus bekerja dengan baik, bekerja dengan keras, bekerja sebagai tim dalam suasana dunia penuh ketidakpastian. Kita benar-benar harus bekerja dengan teamwork yang sangat baik,” ujar Prabowo.

Lebih lanjut Prabowo Subianto menyampaikan apresiasinya terhadap ketua umum partai-partai koalisi yang mengajukan calon menteri dari kalangan profesional, bukan hanya kader partai.

Dalam pernyataannya, Prabowo mengungkapkan bahwa beberapa ketua umum partai memilih untuk mengirimkan nama-nama calon menteri yang memiliki latar belakang profesional, yang dinilainya sebagai langkah positif.

“Terus terang saja, saya menyatakan apresiasi para ketua umum, banyak ketua umum yang diajukan orang-orang profesional,” ujar Prabowo.

Terlebih, Prabowo mengatakan masih ada beberapa calon menteri yang akan dipanggil olehnya. Sejumlah calon menteri masih berada di luar kota, sehingga berhalangan hadir pada pemanggilan hari pertama.

“Menterinya masih ada beberapa yang sedang di luar kota,” kata Prabowo.

“Besok (15/10/2024) masih ada lagi proses, saya kira mulai sama, jam 14.00,” lanjut Prabowo.

Berikut nama-nama calon Menteri yang dipanggil Prabowo hari pertama:

  1.  Prasetyo Hadi
  2.  Natalius Pigai
  3.  Widiyanti Putri Wardhana
  4.  Yandri Susanto
  5.  Fadli Zon
  6.  Nusron Wahid
  7.  Saifullah Yusuf atau Gus Ipul
  8.  Maruarar Sirait
  9.  Teuku Riefky Harsya
  10.  Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY
  11.  Satryo Soemantri Brodjonegoro
  12.  Arifatul Choiri Fauzi
  13.  Yassierli
  14.  Zulkifli Hasan atau Zulhas
  15.  Tito Karnavian
  16.  Bahlil Lahadalia
  17.  Yusril Ihza Mahendra (Menko Hukum dan HAM)
  18.  Abdul Mu’ti (Mendikdasmen)
  19.  Iftitah Sulaiman
  20.  Sugiono
  21.  Muhaimin Iskandar
  22.  Wihaji
  23.  ⁠Abdul Kadir Karding
  24.  Agus Andrianto
  25.  Raja Juli Antoni
  26.  Agus Gumiwang Kartasasmita
  27.  Pratikno
  28.  Maman Abdurrahman (Menteri UMKM)
  29.  Ribka Haluk
  30.  Dudy Purwagandhi
  31.  Sakti Wahyu Trenggono
  32.  Budi Santoso
  33.  Rachmat Pambudy
  34.  Raden Dodi Priyono
  35.  Hanif Faisol Nurofiq
  36.  Nasaruddin Umar
  37.  Amran Sulaiman
  38.  Sultan B Najamudin
  39.  Erick Thohir
  40.  Dito Ariotedjo
  41.  Budi Gunadi Sadikin
  42.  Airlangga Hartarto
  43.  Sri Mulyani (Menkeu)
  44.  Veronica Tan
  45.  Supratman Andi Agtas
  46.  Rosan Roeslani
  47.  M Herindra
  48.  Donny Ermawan
  49.  Meutya Hafid

Laporan: Chaerudin