Harnas.id, Merak – Untuk memastikan pelayanan penyeberangan prima selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Heru Widodo, melakukan inspeksi langsung ke Pelabuhan Merak dan Bakauheni pada akhir pekan lalu. Peninjauan tersebut melibatkan Wakil Direktur Utama ASDP, Yossianis Marciano, dan Direktur Operasional dan Transformasi ASDP, Rio Theodore N. Lasse.
Inspeksi mencakup pengecekan berbagai fasilitas, seperti dermaga, ruang tunggu penumpang, skybridge, eskalator, area parkir, hingga kapal yang beroperasi, termasuk KMP Sebuku dan KMP Batumandi.
“Kami telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi dan peningkatan kapasitas untuk memastikan layanan yang lancar, aman, dan nyaman selama periode Nataru,” ujar Heru.
Prediksi Lonjakan Penumpang dan Kendaraan
ASDP memperkirakan kenaikan penumpang sebesar 4%, mencapai sekitar 3 juta orang, dan peningkatan kendaraan hingga 7,1%, atau sekitar 700 ribu unit. Untuk mengantisipasi lonjakan ini, ASDP mengintegrasikan Pelabuhan Merak dengan Pelabuhan Indah Kiat, menambah kapasitas parkir hingga 6.026 kendaraan kecil, lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya mampu menampung 5.500 kendaraan.
ASDP juga meningkatkan jumlah tollgate menjadi 31 unit dan menambah fasilitas penunjang, termasuk 20 unit toilet portable, sehingga total menjadi 131 unit. Sebuah travelator sepanjang 25 meter telah dipasang di dermaga reguler, dan posko kesehatan serta layanan pelanggan akan beroperasi 24 jam selama Nataru.
Layanan self-service port akan diberlakukan, memungkinkan penumpang melakukan check-in dan boarding secara mandiri.
“Proses pelayanan hingga masuk kapal akan lebih cepat dengan fasilitas ini,” kata Heru.
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menekankan pentingnya pemesanan tiket online melalui aplikasi Ferizy atau Tiket.com untuk menghindari antrean selama puncak arus Nataru. Tiket dapat dipesan sejak 60 hari sebelum keberangkatan.
“Kami juga memperluas titik penjualan dan metode pembayaran, termasuk transfer bank, virtual account, dan e-wallet seperti OVO dan Dana,” jelas Shelvy.
Untuk menunjang kelancaran operasional, ASDP juga menghadirkan ASDP Operation Control Center (AOCC), pusat koordinasi yang dirancang untuk mempercepat pengambilan keputusan saat periode Nataru.
Informasi lebih lanjut mengenai tiket dan layanan dapat diakses melalui call center ASDP atau situs resmi trip.ferizy.com.
Editor : Edwin S